Home About Me Instagram

Jumat, 27 Maret 2015

Arti Kejujuran

          Apa yang Anda ketahui tentang Jujur ? Apa definisi Jujur menurut Anda ? Jujur adalah sifat penting bagi Islam. Salah satu pilar Aqidah Islam adalah Jujur. Jujur adalah berkata terus terang sesuai dengan keadaan dan tidak bohong. Orang yang bohong atau pendusta tidak ada nilainya dalam Islam. Kejujuran adalah pangkal semua perbuatan baik manusia. Tidak ada perbuatan dan ucapan baik kecuali kejujuran. Oleh sebab itu, Allah menyuruh orang-orang mukmin agar selalu berkata benar dan berlaku jujur. Ini diperintah oleh Allah melalui firman-Nya :


يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ وَقُولُوا۟ قَوْلًا سَدِيدًا
Artinya : Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang jujur dan benar. (Q.S Al-Ahzab ayat 70)


Dan sebuah hadits berikut ini :


عَنْ عَبْدِ اللهِ بنِ مَسْعُوْد رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ ، فَإِنَّ الصِّدْقَ يَهْدِيْ إِلَى الْبِرِّ ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِيْ إِلَى الْجَنَّةِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ صِدِّيْقًا ، وَإِيَّاكُمْ وَالْكَذِبَ ، فَإِنَّ الْكَذِبَ يَهْدِيْ إِلَى الْفُجُوْرِ ، وَإِنَّ الْفُجُوْرَ يَهْدِيْ إِلَى النَّارِ ، وَمَا يَزَالُ الرَّجُلُ يَكْذِبُ وَيَتَحَرَّى الْكَذِبَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ كَذَّابًا

Artinya : Dari ‘Abdullâh bin Mas’ûd Radhiyallahu anhuma, ia berkata: “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ‘Hendaklah kalian selalu berlaku jujur, karena kejujuran membawa kepada kebaikan, dan kebaikan mengantarkan seseorang ke Surga. Dan apabila seorang selalu berlaku jujur dan tetap memilih jujur, maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai orang yang jujur. Dan jauhilah oleh kalian berbuat dusta, karena dusta membawa seseorang kepada kejahatan, dan kejahatan mengantarkan seseorang ke Neraka. Dan jika seseorang senantiasa berdusta dan memilih kedustaan maka akan dicatat di sisi Allâh sebagai pendusta (pembohong)." (H.R. Bukhari dan Muslim).
          Menurut saya Jujur itu bukan saja sebuah ucapan "saya orang jujur" , tetapi jujur itu juga merupakan suatu tindakan. Understand what I mean here ? Jika tidak, saya akan memberikan contoh saat ada UTS/UAS beberapa murid mengatakan jujur dalam mengerjakan soal tersebut, tetapi pada kenyataannya mereka bahkan menyontek dengan berbagai cara, dan orang yang jujur menjaga integritas dibilang pelit. Bukankah jujur dalam perbuatan itu adalah kesesuaian antara ucapan dan perbuatan  ?
        Pernah suatu hari saya mengkritik orang yang tidak jujur saat ujian, eh saya malah dibilang sok, saya juga dibilang fitnah. Selain itu, saat jam mata pelajaran, ada yang menyindir saya, bukannya menyampaikan balasan dari berbuat jujur dan menjaga integritas, malah menyampaikan akibat orang pelit ilmu enggak berkah. Sabar ae saya mah dibilang sok/fitnah dan disindir, padahal kan saya bicara sesuai dengan FAKTA yang ada dan memberitahu kebaikan. Btw, salah besarkah saya pelit di uts dan uas? Saya enggak pelit kok ketika hari-hari biasa, saya pelit di uts dan uas utk menjaga integritas.
        Beberapa orang tersebut mengatakan benci koruptor, tapi orang disekitarnya yang berbuat jujur dan menjaga integritas malah disindir dan diasingkan, sedangkan orang yang hobi melakukan kecurangan dibanggakan. Aneh yaa.. Bagaimana negara ini mau bebas dari korupsi jika generasi penerusnya masih ada yg tidak jujur dan generasi yang jujurnya disindir-sindir? Bukankah kasus  korupsi bermula dari ketidakjujuran? 
        Seorang mukmin tidak cukup hanya jujur dalam ucapan, tetapi harus jujur dalam niat dan perbuatan sehingga semua ucapan, perbuatan, tindakan dan keputusan harus berlandaskan mencari keridaan Allah. Jelaslah kejujuran memainkan peranan penting dalam kehidupan seorang Islam yang ingin mencari kebahagiaan di dunia dan akhirat.

INGAT salah satu ciri yang menandakan bahwa seseorang telah beriman dan dewasa adalah ia mampu berbuat jujur dimanapun ia berada. So , budayakanlah JUJUR dalam kehidupan sehari-hari 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Copyright© 2012-2024. All Right reserved by Riztanty Ayudia